You are here: Home > Uncategorized > Pertemuan 1 (Perizinan Pembuatan)

Pertemuan 1 (Perizinan Pembuatan)

Nama       : Olyvia

NIM          : 1801435313

Hari/Tanggal    : Jumat, 8 Mei 2015

Kegiatan            : Pembuatan Lubang Biopori

Nama lokasi/alamat : Komplek Emerald Garden, Bintaro sektor 7. Kelurahan Parigi Lama, Kecamatan Pondok Aren.

Logo TFI 130715_2b

 

Pada semester 2 di Universitas Bina Nusantara, terdapat mata kuliah yang dapat membantu kami membentuk karakter kepribadian kami sesuai dengan pengamalan sila-sila Pancasila, yaitu “Character Building Pancasila”. Didalam mata kuliah ini, kita belajar untuk mendalami makna dari pancasila terhadap lingkungan sosial. Sehingga, dengan memperoleh pembelajaran mata kuliah CB Pancasila ini diharapkan masing-masing individu dapat lebih memahami makna dari Pancasila sesungguhnya yang dapat dijadikan pedoman untuk hidup bersama dalam masyarakat sebagaimana mestinya.
Mata kuliah ini, mewajibkan para mahasiswa untuk melakukan kegiatan sosial yaitu antara lain, Pembuatan lubang biopori, PAUD, Bimbel, Duta kebersihan, dll. Akan tetapi, saya bersama dengan teman sekelompok mendapatkan bagian untuk membuat lubang biopori. Kelompok kami pada awalnya kebingungan mencari lokasi yang tepat untuk pembuatan Lubang Biopori tersebut. Namun pada akhirnya kami sepakat untuk melakukan survey dan perizinan terlebih dahulu untuk membuat lubang biopori. Kegiatan pembuatan lubang biopori tentunya menguntungkan banyak pihak, dikarenakan lubang biopori termasuk salah satu kegiatan untuk mendukung Go Green. Kami pun melakukan pembuatan Lubang Biopori di Komplek Emerald Garden di kawasan Bintaro.

Berikut ini adalah alat-alat yang kami persiapkan untuk proses pembuatan Lubang Biopori.

S__12681353

S__12681366

 

Biopori adalah lubang sedalam 80-100 cm dengan diameter 10-30 cm, dimaksudkan sebagai lubang resapan untuk menampung air hujan dan meresapkan kembali ke dalam tanah. Biopori memperbasar daya tampung tanah terhadap air hujan, mengurangi genangan air yang salanjutnya mengurangi limpahan air hujan turun ke sungai. Dengan demikian mengurangi juga aliran dan volume air sungai ketempat yang lebih rendah.

Biopori-300x300

Langkah-langkah pembuatan lubang Biopori :

  1. Buat lubang seukuran pipa 3inc, dengan alat pembuat lubang biopori.
  2. Apabila tanah agak sedikit keras untuk di lubangi, tuangkan air disekitarnya untuk membuat tanah lebih lunak.
  3. Setalah lubang selesai dibuat, masukan pipa yang telah di beri lubang pada sisi kiri-kanan nya termasuk penutup pipa.
  4. Rapihkan permukaan, dan uji daya serap lubang yang di buat dengan mengalirkan air.

Contoh Lubang Biopori :

images

 

Pada pertemuan pertama ini kami melakukan izin terhadap ketua RT Emerald Garden yang bernama pak Iman. Kami meminta alamat ketua RT tersebut  melalui satpam komplek. Tentu saya dan teman-teman saya tidak ingin ada hal yang membuat ricuh atau tidak nyaman jika kami tidak meminta izin kepada yang berwenang. Saat kami izin, ternyata komplek tersebut sangat mendukung kegiatan yang akan kami lakukan yaitu biopori.  Setelah kami mendapat izin dan sudah jelas dimana tempat yang paling memerlukan lubang biopori, kami merundingkan kembali kapan kami akan melakukan lubang biopori tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply